Ketahui Lebih Banyak Jenis Jerawat


Jerawat, seperti penyakit kulit lainnya, datang dalam berbagai jenis. Mulai dari kasus ringan hingga berat. Sangat penting untuk mengetahui berbagai jenis jerawat sehingga Anda akan memiliki ide tentang cara mengobati jerawat Anda tergantung pada seberapa ringan atau parahnya kasus tersebut. Sementara mereka yang terkena kasus jerawat ringan dapat mengobati sendiri masalah jerawat mereka, mereka yang terkena kasus jerawat parah harus menemui ahli kulit atau dokter kulit untuk perawatan yang aman dan efektif.

Bentuk yang paling umum adalah Acne Vulgaris. Di bawah tipe ini, Anda masih dapat menemukan dua subkategori: tipe ringan hingga sedang dan tipe parah. Jenis akne vulgaris ringan hingga sedang ditandai dengan bintik-bintik jerawat yang populer seperti whiteheads, blackheads, papula, dan pustula. Jerawat jenis ini bisa diatasi hanya dengan mencuci muka dan menggunakan sabun wajah yang cocok untuk mengobati jerawat ringan.

Di bawah bentuk jerawat vulgaris yang parah, Anda dapat menemukan nodul, dan kista. Nodul adalah benjolan keras yang terjadi di bawah permukaan kulit dan terdiri ms-glow.store dari bintik-bintik jerawat yang lebih besar dari komedo atau papula. Jerawat jenis ini bisa bertahan selama beberapa bulan dan cukup menyakitkan. Jerawat kista, di sisi lain, mirip dengan nodul kecuali lebih berisi nanah dan biasanya berdiameter 5mm atau lebih. Bekas luka sangat umum terjadi pada jenis jerawat ini dan juga cukup menyakitkan. Bantuan dokter kulit sangat dianjurkan untuk jenis jerawat vulgaris ini.

Jenis jerawat lainnya adalah Jerawat Rosacea. Bentuk jerawat ini biasanya terjadi pada orang yang berusia di atas 30 tahun, kebanyakan pada wanita. Hal ini sering ditandai dengan ruam merah di pipi, dahi, hidung, dan dagu, dan kadang-kadang munculnya jerawat dan noda kulit. Jika tidak diobati, jerawat rosacea dapat menyebabkan pembengkakan hidung dan pertumbuhan jaringan berlebih, yang merupakan kondisi yang disebut rhinophyma. Jika Anda merasa menderita jerawat rosacea, disarankan untuk berkonsultasi dengan ahli kulit atau dokter kulit agar dapat segera diobati untuk menghindari infeksi dan kerusakan lebih lanjut pada kulit Anda.

Sekarang mari kita beralih ke kasus yang parah. Jerawat jenis ini mungkin jarang terjadi tetapi menimbulkan masalah serius pada kulit orang yang menderitanya. Di bawah jenis ini Anda dapat menemukan Jerawat Conglobata. Bentuk jerawat yang parah ini biasanya menyerang pria, biasanya antara usia 18 hingga 30 tahun. Hal ini ditandai dengan banyak lesi besar yang biasanya saling berhubungan, bersamaan dengan pecahnya komedo. Jerawat conglobata terjadi pada wajah, dada, punggung, bokong, lengan atas, bahkan paha. Salah satu cara untuk mengobati bentuk jerawat ini adalah dengan menggunakan isotretinoin, meski terkadang resisten terhadap pengobatan.

Jerawat Fulminans adalah bentuk lain dari jerawat parah yang ditandai dengan munculnya jerawat conglobata secara tiba-tiba dan disertai dengan demam dan nyeri sendi. Jenis jerawat ini tidak merespon dengan baik terhadap antibiotik, namun Anda dapat mencoba menggunakan Isoretinoin dan steroid oral.

Kondisi jerawat lain yang jarang namun parah adalah Folliculitis Gram-Negative. Ini adalah infeksi bakteri yang ditandai dengan pustula dan kista. Dikatakan komplikasi yang disebabkan oleh pengobatan jangka panjang dari acne vulgaris menggunakan antibiotik. Tidak seperti jerawat conglobata dan fulminans, folikulitis gram negatif merespon dengan baik dengan pengobatan isotretinoin.

Pyoderma Faciale adalah bentuk parah lainnya yang biasanya menyerang wanita antara usia 20 hingga 40 tahun. Biasanya disertai dengan nodul, pustula, dan luka besar yang menyakitkan dan rentan terhadap jaringan parut. Ini dimulai sangat tiba-tiba dan biasanya menjadi korban wanita yang belum pernah mengalami jerawat sebelumnya. Itu berlangsung tidak lebih dari satu tahun tetapi dapat menyebabkan kerusakan besar pada kulit, terutama wajah, oleh karena itu penting bagi Anda untuk segera mencari bantuan dokter kulit jika Anda memiliki jenis jerawat ini.

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *