Apa Tanda-Tanda Kerusakan Gigi Dan Bagaimana Cara Mencegahnya?


Untuk membantu mencegah kerusakan gigi dan kondisi terkait lainnya, orang dewasa di atas 18 tahun harus melakukan pemeriksaan setidaknya setiap dua tahun sekali, dengan anak-anak dan orang di bawah 18 tahun perlu ke dokter gigi sekali setiap tahun. Dengan pergi ke dokter gigi secara teratur, Anda dapat membantu mencegah banyak kondisi utama yang dapat mempengaruhi mulut, gigi, dan gusi Anda menjadi serius.

Di bawah ini, kita akan melihat tanda-tanda kerusakan gigi yang jika terlihat, harus selalu membuat kunjungan ke dokter gigi untuk mencoba dan menyusun rencana tindakan untuk mengatasi masalah tersebut.

Sakit gigi – Meskipun sakit gigi bisa menjadi tanda dari banyak masalah terkait gigi dan mulut lainnya, kerusakan gigi adalah salah satunya dan ini sering menjadi salah satu tanda terbesar bahwa kerusakan gigi mulai terjadi di mulut Anda. Seperti banyak hal, sakit gigi bisa menjadi gejala dari masalah lain, tetapi jika Anda mengalami sakit gigi terus-menerus yang tidak kunjung hilang, Anda harus benar-benar memeriksakannya.

Nafas Buruk – Karena kerusakan gigi pada dasarnya adalah gigi yang membusuk dan sekarat, Anda dapat membayangkan bahwa bau yang akan hilang tidak akan terlalu enak, itulah sebabnya bau mulut yang tidak sedap adalah tanda lain bahwa kerusakan gigi bisa terjadi. di dalam mulut Anda.

Gigi Sensitif – Kerusakan gigi sering dapat menyebabkan perubahan sensitivitas gigi Anda, karena gigi utama membusuk dan menunjukkan lebih banyak ujung saraf, itulah sebabnya Anda dapat mulai merasakan lebih banyak rasa sakit daripada biasanya. Jika Anda merasakan lebih banyak rasa sakit saat makan atau minum minuman, maka ini adalah sesuatu yang perlu Anda periksakan ke dokter gigi.

Perubahan Warna Pada Gigi – Jika gigi Anda mulai menunjukkan bintik-bintik abu-abu, hitam atau coklat, maka ini adalah tanda umum lainnya bahwa Anda mungkin mengalami pembusukan dan Anda perlu membawanya ke dokter gigi. Perubahan warna apa pun pada gigi Anda dapat dilihat, tetapi sebagian besar waktu ini tidak ada hubungannya dengan kerusakan gigi dan seringkali hanya noda dari hal-hal seperti kopi.

Rasa tidak enak – Melanjutkan dari titik bau mulut di atas, jika Anda memiliki sesuatu yang membusuk di mulut Anda maka ini jelas akan meninggalkan rasa yang sangat tidak enak, yang seringkali bisa jauh lebih buruk di pagi hari setelah Anda bangun dari tidur malam. . Meskipun hal ini hanya bisa disebabkan oleh kebersihan dasar, ini merupakan indikator lain dari kerusakan gigi sehingga harus ditanggapi dengan serius jika terus terjadi.

Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah pembusukan sampai ke tahap di mana Anda tidak dapat mengobatinya dan ini termasuk:

• Rutin menyikat/membersihkan gigi
• Pemeriksaan dokter gigi secara teratur
• Gunakan obat kumur
• Hindari minuman manis
• Hindari makan junk food

Kerusakan gigi adalah sesuatu yang dapat dicegah selama Anda melakukan hal yang benar, yang dalam banyak kasus hanyalah akal sehat dasar dan perawatan gigi Anda yang berkelanjutan. Jika Anda merawat gigi dan melakukan pemeriksaan rutin ke dokter gigi yang baik maka Anda dapat menghindari kerusakan gigi yang sangat parah yang dapat membuat Anda kehilangan gigi jika sudah mencapai stadium lanjut.

Setelah kerusakan gigi sudah terlalu jauh, seperti yang kami sebutkan sering kali ketika tanda-tanda yang paling jelas mulai terjadi, seringkali hanya sedikit yang dapat dilakukan untuk mencegahnya lebih lanjut, jadi sangat penting bagi Anda untuk merawat gigi Anda sejak usia dini. untuk membuat mereka bertahan selama mungkin.

Jika Anda terlajur mengalami sakit gigi Anda dapat mengunjungi cara mengatasi sakit gigi.

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *